BOLAGILA, Jakarta Kapasitas masjid yang terbatas, beberapa sekolah gelar acara keagamaan di lapangan sekolah. Seperti kegiatan imtaq, shalat berjamaah, hingga acara buka bersama yang dilaksanakan ketika bulan Ramadhan.

Ketika ada kegiatan, pihak sekolah tak selalu memasang terop. Biasanya hanya menggelar tikar untuk duduk. Lantaran hal tersebut, guru dan murid yang turut dalam kegiatan tersebut harus bergegas beranjak ketika hujan mulai turun.

Namun ketika sedang shalat, tak sedikit orang yang memilih untuk tetap melanjutkan shalat meski hujan sudah turun, seperti seorang guru yang belum lama ini viral di TikTok. Sang guru tetap shalat di bawah hujan, hingga akhirnya dipayungi oleh satpam.

Aksi satpam payungi guru yang sedang shalat ini banjir pujian. Pasalnya satpam tersebut rela basah demi bisa payungi sang guru dan menunggu guru tersebut sampai selesai shalat.

Momen satpam payungi guru yang sedang shalat sampai rela kehujanan ini dilansir dari laman TikTok @lizaayusabrina14, Sabtu (25/11/2023).

Satpam Payungi Guru yang Sedang Shalat

Dalam video berdurasi 16 detik ini terlihat seorang satpam rela kehujanan demi payungi guru yang sedang shalat. Sepertinya, sang guru terlambat untuk ikut shalat berjamaah sehingga masih melaksanakan shalat ketika tikar dan terpal sudah mulai dilipat.

Dijelaskan oleh pemilik akun yang mengunggah video tersebut, sekolah memang rutin gelar agenda shalat zuhur berjamaah di lapangan. Kapasitas masjid 2 lantai masih belum cukup, sehingga kegiatan shalat dilakukan di lapangan.

Usai shalat dan melihat satpam memayunginya, sang guru tersenyum, begitu juga dengan satpam. Para murid yang sedang melipat tikar dan terop pun langsung melipat terop yang dipakai sang guru untuk shalat.

Aksi mulianya banjir pujian karena mengutamakan orang lain daripada dirinya sendiri, terlihat satpam tersebut setia memayungi sang guru sampai sang guru beranjak dari tempat shalatnya.

Awalnya Banyak yang Mengira Murid

Awalnya banyak yang mengira jika orang yang sedang shalat adalah murid, namun setelah diklarifikasi oleh sang pemilik akun, yang sedang shalat di bawah hujan kemudian dipayungi satpam ini adalah guru.

“Oiyaa yangg lagi sholat itu guru gais bukan anak murid dan yang memegang payung benar pa satpam,” tulis sang pemilik akun.

Diketahui lewat hastag di video TikTok, momen yang terekam ini terjadi SMP Negeri 20 Depok. Tak hanya ramai di TikTok, video yang ditonton lebih dari 10 juta kali ini juga ramai di platform media sosial lain, salah satunya Instagram.

Ada yang salut dengan aksi satpam, namun tak sedikit yang ungkap heran dengan sang guru karena shalat di bawah hujan. Tetapi salah satu netizen ungkap bisa saja hujan deras memang tiba-tiba turun saat sang guru sedang shalat.