BOLAGILA, Jakarta- Aksi bersih-bersih sampah usai pertandingan sepak bola oleh penonton sering dilakukan oleh suporter timnas Jepang di berbagai ajang internasional. Kelakukan positif fans Jepang ini mulai ditiru dimana-mana termasuk di Indonesia saat penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023.

Contohnya saat timnas Indonesia melawan Maroko di laga terakhir Grup A Piala Dunia U-17 2023 pada Kamis (16/11/2023) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Ada sekelompok anak muda yang melakukan aksi bersih-bersih sampah usai pertandingan dengan dipimpin aktor Ario Bayu.

Pemandangan unik terlihat di Stadion GBT, ada seorang gadis mengenakan kebaya biru dan kain batik terlihat bersama Ario Bayu yang merupakan aktor di serial Gadis Kretek membawa kantong kresek warna biru terlihat menyusuri stadion setelah pertandingan bola selesai. Mereka memunguti sampah yang dibuang penonton di tribun.

Aksi Ario Bayu dan gadis kresek ini meurpakan bagian dari gerakan #DatangBersihPulangBersih. Gerakan ini bertujuan membersihkan sampah di sekitar area stadion. Para suporter yang melihat aksi Ario Bayu akhirnya tergerak membantu membersihkan stadion dari sampah yang berserakan.

Gerakan #DatangBersihPulangBersih sebenarnya juga sudah dilakukan di laga-laga Piala Dunia U-17 sebelum Indonesia vs Maroko. Namun saat itu bukan Ario Bayu yang memimpin. Ada Shintya Mariska, dan Ikram Afro (Ikram Rizal) yang lebih dulu menggelorakan #DatangBersihPulangBersih.

“Aksi ini diharapkan selain membantu para petugas kebersihan, juga menunjukan bahwa anak muda Indonesia bisa menjadi tuan rumah di acara kelas dunia,” kata Ario Bayu.

Kampanye Positif untuk Anak Muda di Piala Dunia U-17 2023

Gerakan #DatangBersihPulangBersih digagas oleh by.U yang merupakan anak perusahaan salah satu sponsor Piala Dunia U-17 2023 Telkomsel.

“Gerakan #DatangBersihPulangBersih bersama Anak by.U dan Gadis Kresek akan hadir dan mengajak teman-teman suporter Indonesia, khususnya anak muda untuk ikut turun membantu menjaga kebersihan hingga laga bola dunia selesai di 2 Desember 2023,” lanjut Ario Bayu.