BOLAGILA, Jakarta- Prestasi bulu tangkis Indonesia sedang menurun drastis akhir-akhir ini. Indonesia untuk pertama kalinya gagal meraih medali di Asian Games. Pecinta badminton pun harap-harap cemas karena Olimpiade 2024 sudah sebentar lagi digelar. Selama ini bulu tangkis merupakan andalan Indonesia meraih medali di Olimpiade.

Meski prestasi Indonesia di bulu tangkis sedang merosot, Peraih medali emas ganda putra Olimpiade 1996 Atlanta, Ricky Soebagdja, masih cukup yakin akan ada medali yang diraih di Paris nanti dari cabor tepok bulu.

Harus Berjuang Lolos ke Olimpiade

Peringkat terbaik saat ini dipegang tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting yang menempati peringkat lima. Kemudian ada ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di peringkat ketujuh.

“Ya, intinya harus benar-benar dimanfaatkan waktu yang ada, karena menurut saya peluang itu masih ada. Saya yakin betul bisa, bukan keajaiban ya. Yang penting harus menyiapkannya betul-betul dengan sisa waktu yang ada,” ujar Ricky kepada wartawan saat dalam acara Meet and Greet with Badminton Legends yang digelar Wellous Indonesia di Asuka Badminton Hall, Jakarta Barat.

“Kita akui memang masih belum konsisten (prestasinya), akan tetapi bagi saya dengan persiapan yang ada, fokus, tak tertutup kemungkinan medali bisa didapatkan,” kata Ricky, Senin (13/11/2023) siang WIB.

Dengan waktu yang sudah sedikit, perbaikan harus segera dilakukan. Ricky yakin bila perbaikan dilakukan dengan tepat maka Indonesia bisa meraih medali di Olimpiade 2024.

Beberapa atlet Indonesia harus berjuang keras di sisa tujuh bulan ini untuk bisa merebut tiket ke Olimpiade. Pasalnya saat ini tidak ada pemain Indonesia yang berada di nomor satu dunia saat ini.

Rahasia Kondisi Fisik Ricky Sangat Baik

Pada kesempatan tersebut Ricky juga mengungkapkan rahasia dirinya tetap bugar dan tidak berubah drastis postur tubuhnya meski sudah cukup lama pensiun sebagai atlet profesional bulu tangkis.

“Setelah pensiun saya tidak berhenti olahraga, tapi memang perlahan (dikurangi). Ada juga olahraga lain selain bulu tangkis. Pola makan juga harus dijaga. Tidak lupa juga memakan suplemen herbal seperti Wellous ini,” imbuh Ricky.