BOLAGILA – Mantan penyerang timnas Belanda Bas Dost sempat pingsan di lapangan saat pertandingan Eredivisie tetapi kemudian sadar kembali.

Striker Belanda berusia 34 tahun Bas Dost tiba-tiba pingsan di tengah lingkaran pada menit ke-90 pertandingan Eredivisie antara AZ Alkmaar dan NEC, Minggu (29/10).

Wasit awalnya tidak menghentikan permainan namun bek AZ David Moller Wolfe dengan cepat memahami parahnya situasi dan segera meminta bantuan medis. Fisio lantas bergegas masuk ke lapangan dan sang pemain diberi perawatan sebelum ditandu keluar dan dibawa ke rumah sakit.

Mantan pemain Wolfsburg itu telah sadar kembali dan NEC membagikan pesan sang penyerang dari ranjang rumah sakitnya di media sosial.
“Saya baik-baik saja. Bantuan yang saya terima di lapangan sungguh luar biasa. Saya berada di rumah sakit sekarang dan saya merasa baik-baik saja. Terima kasih atas semua dukungannya!”

Dost sempat mengepalkan tangannya ke arah penonton saat ia ditandu keluar lapangan di stadion AFAS. Manajer umum NEC Wilco van Schaik mengatakan bahwa tindakan sederhana ini sangat bermanfaat.

“Kepalan tangan itu mengungkapkan banyak hal. Seperti kemenangan yang dia alami sendiri,” ujarnya kepada NOS. “Dia bahkan ingin mengunjungi ruang ganti untuk berbicara dengan tim. Itu mengungkapkan banyak hal tentang Bas Dost dan telah memberikan kesan yang besar.”

NEC memimpin 2-1 melawan AZ ketika insiden itu terjadi dan pertandingan kemudian dihentikan.