— Makanan berperan penting dalam kesuburan untuk meningkatkan peluang kehamilan. Sejumlah makanan mesti dihindari untuk dapat meningkatkan kesuburan.

Makanan-makanan ini dapat mempengaruhi hormon dan mengganggu kualitas sel telur dan rahim pada perempuan serta kualitas sperma pada laki-laki. Berikut daftar makanan yang harus dihindari untuk meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang kehamilan.

1. Lemak jenuh dan lemak trans
Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans sebaiknya tidak dikonsumsi jika berencana hamil dalam waktu dekat.

“Lemak yang banyak mengganggu hormon yang berhubungan dengan kesuburan,” kata dokter spesialis gizi klinik Marya Haryono, dalam konferensi pers online Morula IVF, beberapa waktu lalu.

Lemak jenuh dan lemak trans dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin yang berpengaruh menurunkan kesuburan. Lemak ini juga dapat merusak pembuluh darah sehingga mengganggu aliran nutrisi ke sistem reproduksi. Pada pria lemak ini dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma.

Lemak jenuh dan lemak trans banyak terdapat dalam makanan yang dipanggang dan digoreng seperti kerupuk, keripik, dan gorengan.

2. Karbohidrat sederhana
Hindari pula konsumsi karbohidrat sederhana yakni makanan dari tepung dan memiliki gula tinggi. Makanan ini dapat meningkatkan kadar gula darah yang juga tidak baik untuk kesuburan.

Gula darah yang melonjak tinggi dapat menyebabkan inflamasi, gangguan hormon, dan menghambat ovulasi. Pilihlah makanan karbohidrat kompleks yang baik untuk metabolisme.

3. Kafein
Kafein juga harus dihindari untuk meningkatkan kesuburan. Marya mengatakan, terlalu banyak mengonsumsi kafein mempengaruhi sel telur.

Studi menunjukkan kafein yang berlebihan akan menurunkan kesuburan secara signifikan dan meningkatkan risiko keguguran. Kafein terdapat pada kopi, teh, cokelat, dan sejumlah minuman bersoda.

Daftar Pantangan Makanan yang Dapat Mengganggu Kesuburan

4. Merokok dan alkohol
Konsumsi rokok dan alkohol mesti dihindari untuk memperbesar peluang kehamilan. Perempuan yang merokok dapat mempercepat penuaan folikel di ovarium yang meningkatkan risiko tidak subur. Pada pria, rokok dapat merusak struktur sperma.

Alkohol juga menyebabkan infertilitas dan mengurangi kadar vitamin B dalam tubuh. Vitamin B baik untuk meningkatkan peluang hamil dan mendukung pertumbuhan janin.