BOLAGILA.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca hari ini untuk wilayah DKI Jakarta memasuki akhir pekan, Sabtu (16/9/2023). Hingga siang nanti, cuaca di langit Ibu Kota dilaporkan cerah berawan.

Beranjak malam, cuaca masih tetap cerah berawan, meski disejumlah titik diprediksi bakal diselimuti cuaca mendung, Yaitu Jakarta Barat dan Jakarta Pusat.

Begitu pun untuk keempat kota penyangga Jakarta. BMKG memprediksi langit cerah berawan terjadi di wilayah Depok, Bogor, Bekasi serta Tangerang hingga siang nanti. 

Memasuki sore hingga malam hari, cuaca cerah disebagian wilayah, sementara Bogor dan Tangerang masing-masing diprediksi cerah berawan dan berawan.

Melihat kondisi cuaca hari ini yang cenderung cerah dan cerah berawan, BMKG melaporkan hingga malam nanti tak ada hujan yang bakal turun di seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang (Jabodetabek) hingga malam nanti. 

BMKG Prediksi Awal Musim Hujan di Indonesia November 2023

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan di Indonesia terjadi pada November 2023. 

Awal musim hujan ini sekaligus bakal mengakhiri kekeringan akibat fenomena El Nino.

“Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi pada November 2023,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara daring, dikutip Jumat 8 September 2023.

Meski begitu, Dwikorita menjelaskan awal musim hujan akan terjadi secara bertahap. Sebab, keragaman iklim di berbagai wilayah di Indonesia sangat tinggi.

“Karena tingginya keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah,” ujar dia.

Saat ini, kata dia, beberapa zona musim telah terkonfirmasi sudah mengalami musim hujan yaitu di sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau.

Oktober mendatang, awal musim hujan diperkirakan terjadi di Jambi, Sumatera Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagianbarat, dan sebagian besar Kalimantan Timur.

Kemudian, pada November 2023, awal musim hujan akan tiba di Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian JawaTimur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selata