Foto: Ted G Bailos via Reuters

BOLAGILA – Kebakaran Hutan di Pulau Rhodes, Yunani, meluas hingga ke Pulau Corfu dan Evia. Bahkan, kebakaran hutan tersebut dilaporkan menyebabkan 3 orang tewas.

Dilansir AFP, Rabu (26/7/2023), dua pilot dilaporkan tewas ketika pesawat pengebom air mereka jatuh saat berjuang melawan kobaran api. Selain kedua pilot itu, seseorang juga ditemukan dalam keadaan hangus di Pulau Evia, Yunani pada hari Selasa (25/7) yang lalu.

Departemen pemadam kebakaran Yunani mengatakan pesawat Canadair jatuh ke jurang dekat tempat kebakaran dimulai pada hari Minggu. Cuplikan di ERT TV negara menunjukkan pesawat memotong pohon sebelum jatuh terlebih dahulu dan meledak.

Pilotnya adalah anggota angkatan udara Yunani. Kementerian Pertahanan Yunani mengatakan telah mengumumkan masa berkabung selama tiga hari.

“Mereka kehilangan nyawa, menyelamatkan nyawa,” kata Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis dalam sebuah pernyataan.

Selain kedua pilot itu, seorang pria lain juga ditemukan tewas. Namun demikian, sampai saat ini belum jelas siapa pria tersebut.

“Tes DNA akan diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah ini adalah seorang gembala yang hilang sejak Minggu,” menurut Konstantina Dimoglidou, juru bicara polisi Yunani.

Petugas pemadam kebakaran Yunani terus memerangi kebakaran hutan yang kini meluas dari pulau wisata Rhodes ke Corfu dan Evia. Selain itu, beberapa kobaran api lainnya juga dikabarkan aktif di seluruh negeri.

Kementerian Perlindungan Sipil telah memperingatkan tentang “bahaya ekstrem” kebakaran di enam dari 13 wilayah negara itu pada hari Rabu.