— Penyanyi Didi Kempot meninggal dunia pada Selasa (5/5). Didi dikabarkan tiba di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Jawa Tengah, dalam keadaan henti jantung.

Sementara terkonfirmasi bahwa Didi datang dalam keadaan henti jantung, platform media sosial ramai mengaitkan kepergian penyanyi campursari itu dengan istilah ‘code blue‘.

Tak ayal, meski belum terkonfirmasi secara resmi oleh pihak rumah sakit, istilah ‘code blue‘ pun membuat netizen penasaran. Apa itu code blue atau ‘kode biru’?


Code blue
 adalah kode yang digunakan rumah sakit untuk memberi tahu keadaan darurat medis yang dialami seorang pasien di rumah sakit. Kondisi darurat medis yang terjadi meliput henti jantung seperti serangan jantung, henti pernapasan, tanda-tanda stroke, dan penurunan tekanan darah yang tiba-tiba dan parah.

Pada musisi Didi Kempot, dikabarkan bahwa code blue dinyalakan karena henti jantung. Henti jantung atau cardiac arrest berarti kondisi yang membuat jantung berhenti memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh tak menerima pasokan darah.

Ahli kardiologi Vito Damay menjelaskan, code blue adalah kondisi yang sangat darurat. “Code blue untuk semua cardiac arrest, untuk henti jantung. Sangat darurat, code blue berarti darurat di ruang perawatan atau di RS,” kata Vito, Selasa (5/5).

Vito menjelaskan, kode ini disiarkan ke seluruh rumah sakit untuk memberi tahu seluruh petugas medis mulai dari dokter, perawat, terapis, hingga apoteker. Code blue dapat diumumkan melalui alarm, telepon, atau pesan singkat.

Seluruh petugas wajib bergerak menuju lokasi untuk menangani pasien dengan kondisi darurat tersebut.

Code blue diumumkan di seluruh penjuru RS. Di RS, begitu ada code blue semua petugas medis akan rush [berlari] ke tempat tersebut. Pastinya yang terdekat akan sampai duluan,” kata Vito.

Dokter lalu akan menangani pasien dengan melakukan sejumlah tindakan untuk menyelamatkan kondisi pasien.

Selain code blue juga terdapat kode lainnya, seperti code red yang menunjukkan kebakaran dan code black untuk menunjukkan keberadaan ancaman bom.

Kakak kandung Didi Kempot, Lilik, Didi akan dimakamkan hari ini di Ngawi, Jawa Timur, dekat dengan makam kakak kandung Didi yang juga anggota Srimulat yakni almarhum Mamiek Prakoso.

“Ya benar, akan dimakamkan di Ngawi, dekat dengan Mamiek,” kata Lilik saat diwawancara, Selasa (5/5).