ilustrasi sperma

— Hampir kebanyakan pria tidak menyadari bahwa rata-rata jumlah sperma akan menurun seiring menuanya usia. Ditambah dengan pola hidup yang tak sehat juga semakin memperburuk keadaan ini.

Ada begitu banyak faktor penyebab jumlah sperma menjadi semakin menurun, salah satunya adalah dengan pola makan yang tidak sehat. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang justru bisa ‘membunuh’ sperma, seperti dikutip dari Uchicago Medicine.

1. Daging olahan

Beberapa daging olahan seperti hot dog, salami, dendeng, bacon, dan lain-lain memang banyak disukai oleh banyak orang karena rasanya yang enak. Tetapi sayangnya, sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi daging merah olahan justru bisa menurunkan dan mempengaruhi kemampuan berenang sperma.

2. Lemak trans

Lemak trans atau lemak jenuh memang dikenal bisa menimbulkan banyak penyakit jika dikonsumsi. Karena lemak jenis ini dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Sebuah studi di Spanyol pada tahun 2011 menemukan bahwa adanya hubungan antara banyaknya asupan lemak trans yang masuk ke dalam tubuh, dengan menurunnya jumlah sperma.

3. Produk kedelai

Produk kedelai mengandung fitioestrogen atau senyawa mirip dengan estrogen (hormon seks wanita), yang berasal dari tanaman. Sebuah studi yang dilakukan pada 99 pria di klinik kesuburan di Boston, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa asupan kedelai yang berlebihan dapat menurunkan konsentrasi sperma.

4. Produk susu tinggi lemak

Sebuah studi yang menganalisis sperma dari 189 pria dengan rentang usia 18-22 tahun, menunjukkan bahwa produk susu tinggi lemak (susu murni, krim, dan keju) bisa berdampak pada penurunan kualitas sperma, bahkan beberapa bentuknya menjadi abnormal.