— Honda memodifikasi dua model MPV dengan pintu geser, Odyssey dan Step WGN, menjadi ambulans dadakan guna mengangkut pasien terkait virus corona (Covid-19) ke rumah sakit dan fasilitas karantina di Jepang.

Hal itu dilakukan guna membantu pemerintah Tokyo, menanggulangi wabah Covid-19. Sejauh ini Jepang memiliki 8.885 kasus infeksi Covid-19 dengan jumlah kematian mencapai 174 orang.

Menurut Honda modifikasi yang dilakukan tidak mengubah sepenuhnya menjadi ambulans. Dijelaskan Automotive News, Honda menempatkan sekat kedap udara yang membagi ruang antara baris pengemudi dengan penumpang belakang.

Selain itu juga dibuat sistem ventilasi khusus yang membuat udara segar masuk melalui bagian depan dekat titik wiper di kaca depan, kemudian melewati area penumpang melalui ventilasi, lantas dikeluarkan ke belakang.

Sistem ventilasi satu arah ini dikatakan Honda untuk memastikan udara dari ruang penumpang tidak masuk ke area pengemudi. Hal ini untuk mengurangi risiko infeksi pada pengemudi.

Perusahaan telah meminjamkan mobil-mobil itu kepada otoritas kesehatan di Tokyo, selain itu dipertimbangkan juga menyediakan lebih banyak unit tergantung permintaan. Honda mengatakan menyiapkan 50 unit ambulans dadakan.

Selain Honda, Toyota juga berencana memodifikasi model taksi yang digunakan operator Jepang agar aman digunakan mengangkut pasien Covid-19.

Honda dan Toyota merupakan produsen yang telah membuat jalur produksi di pabrik mereka di Jepang dan luar negeri untuk memproduksi pelindung wajah, masker, dan peralatan medis lainnya untuk penanganan pasien terjangkit virus corona SARS-CoV-2.