BOLAGILA, Jakarta – Bukit di kawasan Gunung Sanggabuana, Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor longsor. Akibat kejadian ini ratusan warga diungsikan.

Kapolsek Tanjungsari Iptu Rustami mengatakan, peristiwa longsor terjadi pada Senin (8/5/2023) usai wilayah tersebut diguyur hujan lebat.

Tidak ada kerusakan maupun korban jiwa, namun material longsoran dari bukit di kawasan Gunung Sanggabuana ini nyaris menimbun pemukiman warga.

“Lokasi longsoran berada di belakang pemukiman warga. Titik terakhir longsoran dengan rumah warga jarak terdekatnya sekitar 50 meter,” kata Rustami, saat dikonfirmasi Selasa (9/5/2023).

Untuk mengantisipasi longsor susulan, warga yang rumahnya dekat dengan lokasi longsoran diungsikan ke tempat aman.

“Beberapa saat setelah kejadian kami langsung minta rumah yang berada di titik terdekat longsoran untuk dikosongkan,” ujarnya.

Mengungsi

Rustami merinci dari 107 kepala keluarga (KK) atau 346 jiwa, sebanyak 258 jiwa mengungsi ke rumah sanak saudaranya, sisanya diungsikan ke gedung sekolah.

Meskipun sepanjang hari ini cuaca di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur tidak diguyur hujan, namun di lokasi terpantau masih terjadi pergerakan tanah.

“Masih terjadi pergerakan tanah, cuma tidak sampai merusak bangunan maupun jalan,” terangnya.

Rustami mengungkapkan sampai hari ini para pengungsi pun belum menerima bantuan logistik dari Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Belum ada bantuan sama sekali untuk pengungsi,” pungkas Rustami